Jual Rak Besi untuk Gudang dan Tips Mencari Rak yang Paling Tepat

15 Nov 2015

Mempunyai sistem racking yang bagus di gudang Anda akan membuat efektivitas dalam distribusi dan penataan gudang jauh lebih efektif. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukannya, seperti memilih rak yang paling cocok, dan bagaimana proses penyeleksiannya. Untuk mencarinya, Anda selalu bisa mengunjungi tempat jual rak besi untuk gudang secara langsung dan membandingkan hasilnya satu dengan yang lain.

Sebelum Anda mencari rak yang cocok, ketahuilah dahulu sistem inventaris Anda, apakah menggunakan sistem FIFO (First in, First Out), atau sistem LIFO (Last in, First Out). Perhatikan ini:

  • FIFO memastikan bahwa barang yang sampai di inventory pertama kali yang akan dijual lebih awal, seperti ketika barang yang tanggal kadaluarsanya lebih awal secara teori seharusnya terjual lebih dahulu.
  • LIFO adalah metode di mana barang yang sampai terakhir yang dijual pertama kali. Cara ini dilakukan untuk menyiasati tanggal kadaluarsa yang semakin dekat misalnya.

Supaya gudang Anda lebih efektif lagi, ada beberapa hal pula yang harus Anda pertimbangkan:

  • Kepadatan tempat

Jika Anda membutuhkan ruang maksimum untuk gudang Anda, maka pertimbangkanlah untuk mencari orang yang jual rak besi untuk gudang dalam jenis yang sesuai keperluan Anda.

  • Akses forklift

Kalau Anda menggunakan forklift, pertimbangkanlah untuk menyediakan tempat di mana alat tersebut bisa digunakan dengan aman, agar tidak terjadi kerusakan pada rak dan juga stok Anda.
Kapasitas
Cari tahu seberapa besar kapasitas rak yang terdapat di dalam gudang Anda, sehingga Anda bisa membangun sistem gudang yang tepat.

Selain pertimbangan di atas, Anda juga harus memperhatikan hal ini:

  • Tentang orderan – bagaimana orderan yang Anda terima? Apakah Anda menjual secara grosir, eceran, atau yang lainnya? Ini akan mempengaruhi bentuk rak yang Anda perlukan.
  • Tentang kemudahan akses – apakah Anda perlu rak dan tempat di mana semua stok bisa dilihat dengan mudah dan diambil langsung? Atau bisa saja “dikubur” sambil menunggu stok lainnya terjual?
  • Tahu titik lemah gedung – ini berkaitan dengan keselamatan, terutama ketika ada gempa. Anda harus mencari tahu seismic zone di gedung Anda sehingga desain dan penempatan rak bisa disesuaikan.

Ketika Anda memilih dan menata rak besi untuk gudang Anda, hal ini tidak bisa sembarangan saja. Seperti yang Anda lihat di atas, sangat banyak yang harus Anda perhatikan agar alur pekerjaan Anda dan karyawan tetap efektif. Anda akan memerlukan tempat jual rak besi untuk gudang yang bisa membantu dalam hal material dan juga konsultasi. Anda bisa mencari info lebih lanjut lewat PT Saputra Jayapratama di nomor 081-281-792-869, atau di kunjungi di Jl. KH. Moh. Mansyur No.164A, Jakarta Barat.


TAGS jual rak besi jual rak besi untuk gudang


-

Author

Follow Me